Tuesday, February 4, 2020

Ketahui Manfaat Daun Mint Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Daun Mint Bagi Kesehatan


Daun mint merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang sudah dimanfaatkan sebagai pasta gigi sejak abad pertengahan. Selain itu, daun mint juga diketahui dapat menambah ras alezat pada saus. Tetapi, sebelum kita membahas lebih jauh mengenai manfaat daun mint, sebaiknya kita harus mengenal terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan daun mint. Daun mint merupakan tanaman yang berasal dari genus mentha. Daun mint memiliki batang yang berbentuk persegi serta daun yang memiliki aroma khas dan segar. Tanaman ini dapat menyebar secara vegetatif dengan stolon dan juga dapat tumbuh secara liar di kebun anda.


Daun mint juga terbagi menjadi beberapa spesies, yaitu :
  • Bee balm yang termasuk dalam genus monarda. Daun mint jenis ini disebut dengan mint kuda.
  • Genus pycnathemum yang biasa disebut dengan mint pengunungan.
  • Nepeta cataria atau yang biasa disebut dengan mint kucing.
  • Dittany, dikenal sebagai mint batu.

Daun mint sudah dikenal sejak lama dapat mengobati berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut. Selain bermanfaat bagi kesehatan gigi dan mulut, daun mint ternyata juga memiliki berbagai manfaat lainnya.


Berikut ini merupakan manfaat daun mint bagi kesehatan, yaitu :

1. Mengandung banyak nutrisi

Daun mint diketahui memiliki berbagai kandungan nutrisi penting, yaitu kalori, protein, karbohidrat, lemak dan serat. Selain itu, daun mint juga mengandung sejumlah kecil kalium, magnesium, kalsium, fosfor, vitamin C, zat besi, dan vitamin A.

2. Meredakan gejala irritable bowl syndrome

Irritable bowl syndrome atau disingkat IBS merupakan gangguan pencernaan yang umum terjadi. Gejala dari irritable bowl syndrome bisa berupa sakit perut, kentut, kembung, dan kebiasaan buang air besar yang berubah. Untuk mengobati penyakit IBS, umumnya dibutuhkan penanganan dari dokter. Tetapi, jika kondisinya belum terlalu parah, anda bisa mengatasinya dengan minyak daun mint. Minyak daun mint mengandung senyawa mentol yang diketahui dapat membantu meringankan gejala IBS melalui efek relaksasi pad aotot - otot saluran pencernaan.

3. Mengatasi puting susu yang lecet karena menyusui

Salah satu kegunaan lain dari daun mint adalah dapat mengatasi iritasi atau puting susu yang lecet pada ibu menyusui. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengoleskan daun mint ke kulit dapat membantu menghilangkan rasa nyeri dan sakit yang terkait dengan menyusui.

4. Menyegarkan bau mulut


Sudah sejak lama, daun mint digunakan sebagai bahan baku perawatan kesehatan gigi dan mulut. Berbagai produk seperti permen kunyah, permen karet, pasta gigi, dan obat kumur rata - rata menawarkan rasa mint sebagai produk andalan mereka. Hal ini karena daun mint dapat mengeluarkan rasa segar ketika dikunyah. Tetapi, perlu anda ketahui bahwa wangi dari daun mint hanya dapat menutupi bau mulut saja, namun tidak bisa mengurangi jumlah bakteri yang ada didalam mulut.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search